9. Keputren

Keputren yang artinya tempat tinggal para putri letaknya di timur pendapa. Lingkungan keputren seluas 31 X 8 m dibatasi oleh pagar batu setinggi 2 m, namun sebagian besar pagar batu tersebut telah runtuh. Pintu masuk, berupa gapura paduraksa dengan hiasan Kalamakara di atas ambangnya, terletak di sisi timur dan barat.

Lingkungan keputren terbagi dua oleh tembok batu yang memiliki sebuah pintu penghubung.  Dalam lingkungan pertama terdapat 3 buah kolam berbentuk persegi. Yang sebuah berbentuk bujur sangkar, berukuran lebih besar dibandingkan kedua kolam lainnya. Dua kolam yang lebih panjang bebentuk persegi panjang membujur arah utara-selatan.

Dalam lingkungan yang bersebelahan dengan tempat ketiga kolam persegi di atas berada, terdapat 8 kolam berbentuk bundar yang berjajar dalam 3 baris.

Keputren ini terdiri dari 2 buah batur terbuat dari batu andesit dan saling berhadapan Utara Selatan dan menghadap ke Barat. Batur Selatan berukuran panjang 21,43m, lebar 22,7m, dan tinggi 1,75m. di atas lantainya terdapat 84 buah umpak. Batur Utara berukuran panjang 16,4m, lebar 14,9 m. Lantai batur berbeda ukurannya (dibuat bertingkat), lantai yang tinggi berukuran 11,96mx14,9m dengan tinggi 1,64m dan lantai depan lebih rendah dengan ukuran 4,44m, lebar 14,9m, dan tinggi 82cm,

By vegaakumala Posted in PBA

Leave a comment